SILABUS BAHASA INGGRIS
Sekolah :SMA N 1 TELAHASARI
Kelas/Semester :
X/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
|||||||||
Jenis Teks/Functional Text |
Contoh Teks
|
|||||||||||||||
SIKLUS
LISAN
(SPOKEN
CYCLE)
MENDENGARKAN
Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
BERBICARA
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer.
MENDENGARKAN
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks
monolog sedehana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehifupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer.
BERBICARA
Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk
recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
MEMBACA
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks
tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
populer
MENULIS
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek
dan teks monolog/esei tulis sederhana secara akurat, lancar, dan berterima berbentuk
recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer.
|
Merespon makna dalam
percakapan transaksional
(to get things done)
dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan
tak resmi secara akurat,
lancar, dan berterima
menggunakan ragam
bahasa lisan yang
melibatkan tindak tutur:
berkenalan, bertemu berpisah,
mengungkapkan
perasaan bahagia,menunjukkan
perhatian, menyetujui
ajakan/tawaran/undangan,
menunjukkan simpati,
memberi
instruksi
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan
berterima yang melibatkan tindak tutur:
berkenalan, bertemu berpisah,
mengungkapkan
perasaan bahagia,menunjukkan
perhatian, menyetujui
ajakan/tawaran/undangan,
menunjukkan simpati,
memberi
instruksi
-
Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman,
iklan, undangan, dll) resmi/tidak resmi sederhana dalam berbagai konteks
situasi
-
Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount,
narrative dan procedure
- Mengungkapkan
makna dalam teks lisan
fungsional pendek (misalnya
pengumuman, iklan, undangan, dll) resmi/tidak resmi menggunakan ragam bahasa
lisan sederhana dalam berbagai konteks situasi
-
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount, narrative,
dan
procedure
-
Memahami dan
merespon makna dalam teks tulis fuingsional pendek (mis. pengumuman, peunjuk)
remi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima.
- Memahami
dan merespon makna dan langkah retorika teks tulis monolog/esei secara
akurat,lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount, narrative dan
procedure
-Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional
pendek resmi dan tak resmi (mis.kartu ucapan, pengumuman dll) menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima.
-
Mengungkapkan makan dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan
berterima menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk recount, narrative dan procedure
|
Merespon
dengan benar terhadap
tindak tutur:
berkenalan,
bertemu/berpisah,
mengungkapkan
perasaan bahagia,
menunjukkan
perhatian, menyetujui
ajakan/tawaran/undangan,
menunjukkan simpati,
memberi instruksi
Melakukan berbagai tindak
tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional
berkenalan,
bertemu/berpisah,
mengungkapkan
perasaan bahagia,
menunjukkan
perhatian, menyetujui
ajakan/tawaran/undangan,
menunjukkan simpati,
memberi instruksi
-
Merespon teks lisan
fungsional pendek
- Merespon teks
monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure
- Melakukan teks teks lisan
fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
resmi/tidak resmi.
- Melakukan teks
monolog lisan berbentuk
recount, narrative,
dan
procedure.
- Mengidentifikasi
makna dalam teks tulis fungsional dan teks
berbentuk: recount, narrative dan procedure.
- Mengidentifikasi langkah-langkah retorika
dalam teks berbentuk: recount, narrative dan procedure
-
menulis teks fungsional
pendek
resmi dan tak resmi
-
Menulis teks berbentuk recount, narrative dan procedure
|
Obytuari
Recount
Letter of
Condolence
Narrative
Procedure
Recount
Narrative
Notice
Procedure
|
·
Berkenalan, bertemu/berpisah
mis.
A: Hello,Soraya
B:How do you do Sir
A: Hi lizzy. How areyou?
B: excellent
·
Mengungkapkan perasaan bahagia
mis.
Oh, I’m so happy Great!
·
Menunjukkan perhatian
mis. A: Look students do you know what
I’ve got here
B: Oh,no1
·
Menyetujui ajakan/twaran/undangan
mis. A: Would you like to go to the theater with me
on
Saturday night?
B: Yes, I’d love to
·
Menunjukkan simpati
mis. I’m
sorry to hear about your father
I know how you feel
·
Memberi instruksi
mis. Crack an egg into a bowl like this Go to sleep.
An Excursion to Bogor Botanic Garden
All right, everybody, I’ll tell you about
this great place.
On
Friday 16 March we went to Bogor
Botanic Garden. We went
there by bus and we arrived at that famous garden at 10 o’clock.
Arriving at the garden, we were divided
into two groups. Group A followed Mrs. Nina and Group B followed Mr. Ahmad. I
was in group A. Well, first we went to odd tropical plants and Mrs. Nina read
us some of the information. Then, we looked at all the lovely plants. After
that, we went to a little spot near the Raffles cemetery and had morning tea.
Next, we did some sketching and then we met group B at the information center
to have our lunch.
Soon, it was time for us to go to
the orchid section while Group B did some research on flowers. Uhm…A lady led
us to the orchid section. Then, she explained about many kinds of Orchids.
Next, we had a look at the Indonesian orchid. Wow, we saw many kinds
of Indonesian orchids. They were all beautiful. Later, we took a look at the
American, European and Asian orchid’s section. I was interesting. Soon after
we had finished our observations, we went back outside and met group B. Then,
we got on the bus and returned to school. We really enjoyed the trip and to Bogor Botanic Garden.
Jayapura
Street 25
Jogyakarta.
27 June 2005
Dear Mr. Indian,
I have just learned of the death of Tommy, your
beloved pet. I share the grief that you are going through at this moment and
convey my heartfelt condolences.
Please do not hesitate to write and tell me if I
can be of any help to you in this hour of grief.
Sincerely
yours,
Belle
The Legend of Minos, King
of Crete
Once upon a time there lived a very
famous king. He had a monster which was half bull and half man. He ordered
Daedalus, a craftsman from Athens,
to build a labyrinth in order to house the monster. When Daedolus finished
his work, he wanted to leave Crete. But the
king would not let him go.
Daedalus escaped through the air by
using wings fixed to his body with wax. He also made wings for his son,
Icarus and made him fly behind himself. But the son was so glad and excited
that he soon went too high. As he flew nearer to the Sun, it got warmer and
warmer until at last the wax melted and his body fell down into the sea near Troy. The sea is now
called the Icarian
Sea.
(adapted from : www.greek myth.com)
Have you ever eaten a cheese omelette? Do you know how to make a
Cheese Omelette? No? Would you like me to tell it for you? Okay. This is the
way. Listen to me.
To make a Cheese Omelet, you should
prepare ingredients such as one egg, 50 grams of cheese, uhm... ¼ cup of milk, three tablespoons of cooking
oil, uhm...what else ....? Oh, yeah, a pinch of salt and don’t forget some
pepper. Now, to make a Cheese Omelet, you will need some kitchen utensils
like a frying pan, a fork, a whisk, a spatula, uhm..... a cheese grater
...and a bowl and of course ....a plate. Okay? Are you following me ? Right!
Let me tell you how to make it.
First, crack an egg into a bowl like
this. Then whisk the egg with a fork until it is smooth. After that, add some
milk and whisk well. Grate the cheese into the bowl and stir. Next, heat the
oil in a frying pan, and pour the mixture into the frying pan. Then, turn the
omelet with a spatula when it browns. See, like this. Okay, next cook both
sides. After the omelet is done, place it on a plate, don’t forget to season
it with salt and pepper and you can eat it while warm. It’s easy, isn’t it?
Bon appetite!
Johnny
Ramone Died
LOS
ANGELES. Jhonny Ramone, a guitarist and cofounder of the seminal punk band
‘The Ramones’ died. He was 55. Ramone died in his sleep on Wednesday
afternoon at his Los Angeles
home surrounded by friends and family. He had battle against prostate cancer
for five years and was hospitalized in June at Cedars-Sinai Medical
Center. Ramone,born
Jhonny Cuming, was one of the original members of ‘The Ramones’, whose hit
songs I Wanna Be Sedated and Blitzkrieg Bop,among others, reached the
Rock and Roll Hall of Fame in 2002. Jhonny Ramone founded ‘The Ramones’ in
1974 with Joey Ramone, Dee Dee Ramone
and Tommy Ramone, the only surviving member of the original band.
Once there was a beautiful
Javanese princess whose named was Roro Jongrang. Roro Jongrang whose
beauty was very famous in the land was the adighetr of Prabu Baka,an Evil
King. One day A handsome young man with super natural power named Bandung
Bondowoso, defeated and killed Prabu Baka. On seeing Princess Roro Jongrang’s
beauty, Bandung Bondowoso fell in love and wanted to marry her …
THE HOLE
GAME
Materials needed
Two players, one marble per
person, a hole
in ground,a line (distance)
to start from.
Steps
You must dub (click marbles
together)
You must check that the
marbles are
in good condition and are
nearly worth the samevalue.
Dig a hole in the ground and
draw a line
a fair distance away from the hole.
The first player carefully
throws his or her marble towards the hole.
Then the second player tries
to throw his or her marble
closer to the hole than his
or her opponent.
The player whose marble is
closest to the hole
tries to flick his / her
marble into the hole.
If successful, this player
tries to flick his or her opponent’s marble
into the hole.The person
flicking the last marble
into the hole wins and gets
to keep both marbles
|
·
Mendengarkan
percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal.
·
Mendiskusikan
berbagai tindak tutur yang didengar melalui tape secara klasikal.
·
Mendengarkan
percakapan transaksional/interpersonal
yang dilakukan oleh teman.
·
Mendengarkan
percakapan transaksional/
interpersonal
yang dilakukan oleh teman.
·
Mendiskusikan
berbagai tindak tutur yang dilakukan oleh teman.
·
Merespon suatu
situasi dengan tindak tutur yang tepat
·
Menanggapi
gambar
·
Membaca dialog
·
Membaca teks mengenai cara berinteraksi di negara
asing
·
Melafalkan
berbagai tindak tutur dalam bentuk resmi dan tak resmi
·
Menggunakan
tindak tutur yang sesuai untuk suatu pernyataan/
situasi yang diberikan.
·
Melengkapi
dialog dengan tindak tutur yang sesuai.
·
Mendiskusikan
model percakapan berpasangan
·
Mempraktekkan
dialog
·
Menjawab
pertanyaan tentang percakapan
·
Tanya-jawab
dengan teman
·
Memberi
tanggapan suatu pernyataan
·
Membuat dialog
berpasangan sesuai dengan situasi yang diberikan
·
Mempraktekkan
dialog di depan kelas
·
Membaca comic strip dan mempraktekkan percakapannya
·
Mendengarkan
teks monolog dengan bantuan audio
·
Melengkapi teks
monolog dengan kata yang didengar
·
Menjawab
pertanyaan
·
Mengurutkan
gambar berrdasarkan teks yang didengar
·
Menyusun kalimat
berdasarkan teks yang didengar
·
Mendengar
percakapan mendongeng
·
Mendengarkan teman bercerita mengenai pengalaman di masa
lampau
·
Mendengarkan
teman mendongeng
·
Mendengarkan teman mempresentasikan cara memasak
suatu makanan/membuat suatu benda
·
Melafalkan
kata-kata pada teks monolog
·
Melengkapi teks
monolog dengan kata-kata yang didengar
·
Melengkapi
dialog berdasarkan pengumuman yang dibaca
·
Melakukan
Tanya-jawab
·
Membaca teks
monolog
·
Mendiskusikan
teks monolog yang didengar
·
Menjawab
pertanyaan
·
Mendiskusikan
organisasi dan ciri kebahasaan teks monolog
·
Mengidentifikasi
struktur dan ciri-ciri kebahasaan teks monolog
·
Menuliskan
ungkapan yang tepat berdasarkan gambar yang disediakan
·
Melengkapi
kalimat dengan ciri kebahasaan teks monolog yang dimaksud.
·
Menyusun
paragrap menjadi teks monolog utuh
·
Bekerjasama dengan teman menceritakan kegiatan di
masa lalu
·
Bekerjasama
dengan teman membuat dongeng
·
Bekerjasama
dengan teman memberitahukan cara melakukan sesuatu
·
Menceritakan pengalaman di masa lalu secara individu
·
Mendongeng
secara individu
·
Mempresentasikan cara membuat sesuatu secara individu
·
Menanggapi
gambar/foto
·
Membaca teks
·
Membaca brosur
·
Melafalkan
kata-kata pada teks
·
Menjawab
pertanyaan
·
Menterjemahkan
kata-kata ke dalam B. Indonesia
·
Berdiskusi
dengan teman mengenai teks yang dibaca
·
Melengkapi
paragraph/teks dengan kata yang sesuai
·
Memperhatikan
organisasi teks dan ciri-ciri kebahasaan teks
·
Membaca penjelasan mengenai ciri kebahasaan teks
·
Melengkapi teks
dengan bentuk kata kerja yang sesuai
·
Membuat kalimat
·
Menggabungkan
kalimat
·
Menemukan ciri
kebahasaan yang dimaksud pada teks
·
Menentukan
nama/term untuk tiap bagian teks
·
Membetulkan
ejaan, huruf besar, tanda baca dari suatu teks
·
Bekerjasama
dengan teman menulis teks berdasarkan informasi yang disediakan
·
Bekerjasama dengan teman meneruskan suatu cerita
·
Bekerjasama
dengan teman melengkapi teks prosedur
·
Menulis teks recount
secara individu
·
Menulis teks narrative
secara individu
·
Menulis teks procedure
secara individu
|
Performance assessment
Responding
Tugas
rumah
Tugas
Proyek
Dialog/
Percakapan
Monolog
Hasil
Tulisan
|
2
x 45’
2
x 45’
2
x 45’
2x45’
2x45’
4x45’
11x45’
14
x 45’
12
x 45’
12
x 45’
11x45’
6
x 45’
|
Buku Look Ahead X
Tape
Script Look Ahead X
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 1 Telagasari Guru
Mata Pelajaran
Drs.Akbar Taufik Dzulfiqar
T A
NIP. O9411721 NPM:
09411721060023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar