SILABUS BAHASA INGGRIS
Sekolah :SMA N 1 TELAHASARI
Kelas/Semester        :
X/1
Mata
Pelajaran         : Bahasa Inggris
| 
   
Standar
  Kompetensi 
 | 
  
   
Kompetensi 
Dasar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Materi
  Pokok 
 | 
  
   
Pengalaman 
Belajar 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi 
Waktu 
 | 
  
   
Sumber/ 
Bahan/ 
Alat 
 | 
 |||||||||
  Jenis Teks/Functional Text | 
  
   
Contoh Teks 
 | 
 |||||||||||||||
| 
   
SIKLUS
  LISAN 
(SPOKEN
  CYCLE) 
MENDENGARKAN 
Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam
  konteks kehidupan sehari-hari. 
BERBICARA 
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi secara
  akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan mengakses ilmu pengetahuan populer. 
MENDENGARKAN 
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks
  monolog sedehana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
  konteks kehifupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer. 
BERBICARA 
Mengungkapkan
  makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk  
recount, narrative dan procedure dalam
  konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan. 
MEMBACA 
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks
  tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure
  dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
  populer 
MENULIS 
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek
  dan teks monolog/esei tulis sederhana secara akurat, lancar, dan berterima berbentuk
  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan
  sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer. 
 | 
  
   
Merespon makna dalam  
percakapan transaksional 
 (to get things done)  
dan interpersonal  
(bersosialisasi) resmi dan  
tak resmi secara akurat,  
lancar, dan berterima 
 menggunakan ragam 
bahasa lisan yang  
melibatkan tindak tutur: 
berkenalan, bertemu berpisah,  
mengungkapkan 
perasaan bahagia,menunjukkan  
perhatian, menyetujui  
ajakan/tawaran/undangan,  
menunjukkan simpati, 
 memberi
  instruksi 
Mengungkapkan makna dalam percakapan
  transaksional (to get things done)
  dan interpersonal (bersosialisasi) 
  resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan
  berterima yang melibatkan tindak tutur: 
berkenalan, bertemu berpisah,  
mengungkapkan 
perasaan bahagia,menunjukkan  
perhatian, menyetujui  
ajakan/tawaran/undangan,  
menunjukkan simpati, 
 memberi
  instruksi 
-
  Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman,
  iklan, undangan, dll) resmi/tidak resmi sederhana dalam berbagai konteks
  situasi 
-
  Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa
  lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount,
  narrative dan procedure 
- Mengungkapkan 
makna dalam teks    lisan
  fungsional pendek (misalnya
  pengumuman, iklan, undangan, dll) resmi/tidak resmi menggunakan ragam bahasa
  lisan sederhana dalam berbagai konteks situasi 
-
  Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa
  lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount, narrative,
  dan  
   procedure  
-
  Memahami dan
  merespon makna dalam teks tulis fuingsional pendek (mis. pengumuman, peunjuk)
  remi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima. 
- Memahami
  dan merespon makna dan langkah retorika teks tulis monolog/esei secara
  akurat,lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount, narrative dan
  procedure 
-Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional
  pendek resmi dan tak resmi (mis.kartu ucapan, pengumuman dll) menggunakan
  ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima. 
-
  Mengungkapkan makan dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan
  berterima menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk recount, narrative dan procedure 
 | 
  
   
Merespon 
dengan benar terhadap  
tindak tutur: 
berkenalan,  
bertemu/berpisah,  
mengungkapkan 
perasaan bahagia, 
menunjukkan  
perhatian, menyetujui  
ajakan/tawaran/undangan,  
menunjukkan simpati, 
memberi instruksi 
Melakukan berbagai tindak
  tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional 
berkenalan,  
bertemu/berpisah,  
mengungkapkan 
perasaan bahagia, 
menunjukkan  
perhatian, menyetujui  
ajakan/tawaran/undangan,  
menunjukkan simpati, 
memberi instruksi 
-
  Merespon teks lisan 
   fungsional pendek 
- Merespon teks 
   monolog sederhana       berbentuk recount, narrative dan
  procedure 
-    Melakukan teks teks lisan
  fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
  resmi/tidak resmi. 
-    Melakukan teks
  monolog lisan berbentuk
  recount, narrative,
  dan  
procedure. 
-    Mengidentifikasi
  makna      dalam teks tulis fungsional dan teks
  berbentuk: recount, narrative dan procedure.  
-   Mengidentifikasi langkah-langkah retorika
  dalam teks berbentuk: recount, narrative dan procedure 
-   
  menulis teks fungsional 
     pendek
  resmi dan   tak resmi 
-   
  Menulis teks berbentuk recount, narrative dan procedure 
 | 
  
   
Obytuari 
Recount 
Letter of
  Condolence 
Narrative 
Procedure 
Recount 
Narrative
Notice 
Procedure 
 | 
  
   
·         
  Berkenalan, bertemu/berpisah 
mis. 
  A: Hello,Soraya 
        B:How do you do Sir 
       A: Hi lizzy. How areyou? 
      B: excellent 
·         
  Mengungkapkan perasaan bahagia 
mis.
  Oh, I’m so happy Great! 
·         
  Menunjukkan perhatian 
mis. A: Look students do you know what
  I’ve got here 
       
  B: Oh,no1 
·         
  Menyetujui ajakan/twaran/undangan 
mis. A: Would you like to go to the theater with me
  on                                           
  Saturday night? 
       
  B: Yes, I’d love to 
·         
  Menunjukkan simpati 
mis.  I’m
  sorry to hear about your father 
I know how you feel
·         
  Memberi instruksi 
mis. Crack an egg into a bowl like this Go to sleep. 
 
An Excursion to Bogor Botanic Garden 
   All right, everybody, I’ll tell you about
  this great place. 
On
  Friday 16 March we went to Bogor
   Botanic Garden. We went
  there by bus and we arrived at that famous garden at 10 o’clock. 
     Arriving at the garden, we were divided
  into two groups. Group A followed Mrs. Nina and Group B followed Mr. Ahmad. I
  was in group A. Well, first we went to odd tropical plants and Mrs. Nina read
  us some of the information. Then, we looked at all the lovely plants. After
  that, we went to a little spot near the Raffles cemetery and had morning tea.
  Next, we did some sketching and then we met group B at the information center
  to have our lunch. 
         Soon, it was time for us to go to
  the orchid section while Group B did some research on flowers. Uhm…A lady led
  us to the orchid section. Then, she explained about many kinds of Orchids. 
     
  Next, we had a look at the Indonesian orchid. Wow, we saw many kinds
  of Indonesian orchids. They were all beautiful. Later, we took a look at the
  American, European and Asian orchid’s section. I was interesting. Soon after
  we had finished our observations, we went back outside and met group B. Then,
  we got on the bus and returned to school. We really enjoyed the trip and to Bogor Botanic Garden. 
                                                     
                         Jayapura
    Street 25 
                                                                            
  Jogyakarta. 
                                                                          
  27 June 2005 
Dear Mr. Indian, 
                I have just learned of the death of Tommy, your
  beloved pet. I share the grief that you are going through at this moment and
  convey my heartfelt condolences.  
                Please do not hesitate to write and tell me if I
  can be of any help to you in this hour of grief. 
                                                                      Sincerely
  yours, 
                                                       
                                                                     Belle                
The Legend of Minos, King
  of Crete 
      Once upon a time there lived a very
  famous king. He had a monster which was half bull and half man. He ordered
  Daedalus, a craftsman from Athens,
  to build a labyrinth in order to house the monster. When Daedolus finished
  his work, he wanted to leave Crete. But the
  king would not let him go.  
      Daedalus escaped through the air by
  using wings fixed to his body with wax. He also made wings for his son,
  Icarus and made him fly behind himself. But the son was so glad and excited
  that he soon went too high. As he flew nearer to the Sun, it got warmer and
  warmer until at last the wax melted and his body fell down into the sea near Troy. The sea is now
  called the Icarian
   Sea.                                                   
  (adapted from : www.greek myth.com) 
Have you ever eaten a cheese omelette? Do you know how to make a
  Cheese Omelette? No? Would you like me to tell it for you? Okay. This is the
  way. Listen to me. 
     To make a Cheese Omelet, you should
  prepare ingredients such as one egg, 50 grams of cheese, uhm... ¼  cup of milk, three tablespoons of cooking
  oil, uhm...what else ....? Oh, yeah, a pinch of salt and don’t forget some
  pepper. Now, to make a Cheese Omelet, you will need some kitchen utensils
  like a frying pan, a fork, a whisk, a spatula, uhm..... a cheese grater
  ...and a bowl and of course ....a plate. Okay? Are you following me ? Right!
  Let me tell you how to make it. 
      First, crack an egg into a bowl like
  this. Then whisk the egg with a fork until it is smooth. After that, add some
  milk and whisk well. Grate the cheese into the bowl and stir. Next, heat the
  oil in a frying pan, and pour the mixture into the frying pan. Then, turn the
  omelet with a spatula when it browns. See, like this. Okay, next cook both
  sides. After the omelet is done, place it on a plate, don’t forget to season
  it with salt and pepper and you can eat it while warm. It’s easy, isn’t it?
  Bon appetite! 
Johnny
  Ramone Died 
LOS
  ANGELES. Jhonny Ramone, a guitarist and cofounder of the seminal punk band
  ‘The Ramones’ died. He was 55. Ramone died in his sleep on Wednesday
  afternoon at his Los Angeles
  home surrounded by friends and family. He had battle against prostate cancer
  for five years and was hospitalized in June at Cedars-Sinai Medical
   Center. Ramone,born
  Jhonny Cuming, was one of the original members of ‘The Ramones’, whose hit
  songs I Wanna Be Sedated and Blitzkrieg Bop,among others, reached the
  Rock and Roll Hall of Fame in 2002. Jhonny Ramone founded ‘The Ramones’ in
  1974  with Joey Ramone, Dee Dee Ramone
  and Tommy Ramone, the only surviving member of the original band. 
Once there was a beautiful  
Javanese princess whose named was Roro Jongrang. Roro Jongrang whose
  beauty was very famous in the land was the adighetr of Prabu Baka,an Evil
  King. One day A handsome young man with super natural power named Bandung
  Bondowoso, defeated and killed Prabu Baka. On seeing Princess Roro Jongrang’s
  beauty, Bandung Bondowoso fell in love and wanted to marry her … 
 
THE HOLE
  GAME 
Materials needed      
Two players, one marble per
  person, a hole 
in ground,a line (distance)
  to start from. 
Steps 
You must dub (click marbles
  together) 
You must check that the
  marbles are  
in good condition and are
  nearly worth the samevalue. 
Dig a hole in the ground and
  draw a line 
 a fair distance away from the hole. 
The first player carefully
  throws his or her marble towards the hole. 
Then the second player tries
  to throw his or her marble  
closer to the hole than his
  or her opponent. 
The player whose marble is
  closest to the hole 
tries to flick his / her
  marble into the hole.  
If successful, this player
  tries to flick his or her opponent’s marble 
into the hole.The person
  flicking the last marble 
into the hole wins and gets
  to keep both marbles 
 | 
  
   
·         
  Mendengarkan
  percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal. 
·         
  Mendiskusikan
  berbagai tindak tutur yang didengar melalui tape secara klasikal. 
·         
  Mendengarkan
  percakapan  transaksional/interpersonal
  yang dilakukan oleh teman. 
·         
  Mendengarkan
  percakapan  transaksional/ 
interpersonal
  yang dilakukan oleh teman. 
·         
  Mendiskusikan
  berbagai tindak tutur yang dilakukan oleh teman. 
·         
  Merespon suatu
  situasi dengan tindak tutur yang tepat 
·          
  Menanggapi
  gambar 
·          
  Membaca dialog 
·          
  Membaca teks mengenai cara berinteraksi di negara
  asing 
·          
  Melafalkan
  berbagai tindak tutur dalam bentuk resmi dan tak resmi 
·         
  Menggunakan
  tindak tutur yang sesuai untuk suatu pernyataan/ 
         situasi yang diberikan. 
·         
  Melengkapi
  dialog dengan tindak tutur yang sesuai. 
·         
  Mendiskusikan
  model percakapan berpasangan 
·         
  Mempraktekkan
  dialog 
·         
  Menjawab
  pertanyaan tentang percakapan 
·         
  Tanya-jawab
  dengan teman  
·         
  Memberi
  tanggapan suatu pernyataan 
·         
  Membuat dialog
  berpasangan sesuai dengan situasi yang diberikan 
·          
  Mempraktekkan
  dialog di depan kelas 
·         
  Membaca comic strip dan mempraktekkan percakapannya 
·         
  Mendengarkan
  teks monolog dengan bantuan audio 
·         
  Melengkapi teks
  monolog dengan kata yang didengar 
·         
  Menjawab
  pertanyaan 
·         
  Mengurutkan
  gambar berrdasarkan teks yang didengar 
·         
  Menyusun kalimat
  berdasarkan teks yang didengar 
·         
  Mendengar
  percakapan mendongeng 
·         
  Mendengarkan teman bercerita mengenai pengalaman di masa
  lampau 
·         
  Mendengarkan
  teman mendongeng 
·         
  Mendengarkan teman mempresentasikan cara memasak
  suatu makanan/membuat suatu benda 
·         
  Melafalkan
  kata-kata pada teks monolog 
·         
  Melengkapi teks
  monolog dengan kata-kata yang didengar 
·         
  Melengkapi
  dialog berdasarkan pengumuman yang dibaca 
·         
  Melakukan
  Tanya-jawab 
·         
  Membaca teks
  monolog 
·         
  Mendiskusikan
  teks monolog yang didengar 
·         
  Menjawab
  pertanyaan 
·         
  Mendiskusikan
  organisasi dan ciri kebahasaan teks monolog 
·         
  Mengidentifikasi
  struktur dan ciri-ciri kebahasaan teks monolog 
·         
  Menuliskan
  ungkapan yang tepat berdasarkan gambar yang disediakan 
·         
  Melengkapi
  kalimat dengan ciri kebahasaan teks monolog yang dimaksud. 
·         
  Menyusun
  paragrap menjadi teks monolog utuh 
·         
  Bekerjasama dengan teman menceritakan kegiatan di
  masa lalu 
·         
  Bekerjasama
  dengan teman membuat dongeng 
·         
  Bekerjasama
  dengan teman memberitahukan cara melakukan sesuatu 
·         
  Menceritakan pengalaman di masa lalu secara individu 
·         
  Mendongeng
  secara individu 
·         
  Mempresentasikan cara membuat sesuatu secara individu 
·         
  Menanggapi
  gambar/foto 
·         
  Membaca teks 
·         
  Membaca brosur 
·         
  Melafalkan
  kata-kata pada teks 
·         
  Menjawab
  pertanyaan 
·         
  Menterjemahkan
  kata-kata ke dalam B. Indonesia 
·         
  Berdiskusi
  dengan teman mengenai teks yang dibaca 
·         
  Melengkapi
  paragraph/teks dengan kata yang sesuai 
·         
  Memperhatikan
  organisasi teks dan ciri-ciri kebahasaan teks  
·         
  Membaca penjelasan mengenai ciri kebahasaan teks 
·         
  Melengkapi teks
  dengan bentuk kata kerja yang sesuai 
·         
  Membuat kalimat 
·         
  Menggabungkan
  kalimat 
·         
  Menemukan ciri
  kebahasaan yang dimaksud pada teks 
·         
  Menentukan
  nama/term untuk tiap bagian teks 
·         
  Membetulkan
  ejaan, huruf besar, tanda baca dari suatu teks 
·         
  Bekerjasama
  dengan teman menulis teks berdasarkan informasi yang disediakan 
·         
  Bekerjasama dengan teman meneruskan suatu cerita 
·         
  Bekerjasama
  dengan teman melengkapi teks prosedur 
·         
  Menulis teks recount
  secara individu 
·         
  Menulis teks narrative
  secara individu 
·         
  Menulis teks procedure
  secara individu 
 | 
  
   
Performance assessment 
Responding 
Tugas
  rumah 
Tugas
  Proyek 
Dialog/ 
Percakapan 
Monolog 
Hasil
  Tulisan 
 | 
  
   
2
  x 45’ 
2
  x 45’ 
2
  x 45’ 
2x45’ 
2x45’ 
4x45’ 
11x45’ 
14
  x 45’ 
12
  x 45’ 
12
  x 45’ 
11x45’ 
6
  x 45’ 
 | 
  
   
Buku Look Ahead X 
Tape
  Script Look Ahead X 
Kamus 
Kaset/CD 
Tape/CD
  Player 
OHP/LCD 
Foto/Poster 
Gambar 
Koran berbehasa Inggris 
Majalah 
Internet 
 | 
 ||||||||
Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 1 Telagasari                                                                                                                                                              Guru
Mata Pelajaran
Drs.Akbar Taufik                                                                                                                                                                                    Dzulfiqar
T A
NIP. O9411721                                                                                                                                                                                       NPM:
09411721060023

Tidak ada komentar:
Posting Komentar