Senin, 17 Desember 2012


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         : SMA/MA ...............
Mata Pelajaran        : B. Inggris
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.    Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan mengakses ilmu pengetahuan populer.

Kompetensi Dasar
1.    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima  menggunakan ragam bahasa lisan yang  melibatkan tindak tutur:berkenalan, bertemu dan berpisah.
2.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
Indikator
1.    Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
2.    Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.

  1. Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
·         Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: : berkenalan, bertemu dan berpisah.

  1. Materi Pokok
Percakapan/dialog dan  pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
Berkenalan, bertemu/berpisah
mis

     A: Hello,Soraya

     B:How do you do Sir


A: Hi lizzy. How areyou?

B: excellent


  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
  2. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal  (10’)
§  Siswa menganalisa ungkapan pembuka pada teks monolog berbentuk recount sebelumnya
·         Kegiatan Inti (70’)
§  Siswa membaca penjelasan pada buku teks bahwa greetings dapat digunakan sebagai salah satu cara ungkapan pembuka untuk teks monolog berbentuk recount
§  Siswa membaca ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.
§  Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.
§   Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.melalui tape secara klasikal.
§  Siswa melengkapi dialog tersebut
§  Siswa mempraktekkan dialog tersebut
§  Siswa memberikan response terhadap situasi yang diberikan secara lisan
·         Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

  1. Sumber/Bahan/Alat
·         Buku Look Ahead 1 (hal 5-7)
·         Kaset/CD
·         Tape
·         Script dari Look Ahead 1

  1. Penilaian
·         Teknik: Performance Assessment (responding)
·         Bentuk: Pertanyaan lisan & dialog


Mengetahui                                                                          …………………,…….
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran



______________                                                                 __________________
NIP.                                                                                        NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         : SMA/MA ...............
Mata Pelajaran        : B. Inggris
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 3 x 45 menit

Standar Kompetensi

1.    Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sedehana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar
1.    Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount.
2.    Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secar aakurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount.
Indikator
1.    Merespon teks monolog berbentuk recount,
2.    Melakukan teks monolog berbentuk recount

  1. Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat merespon teks monolog sederhana  berbentuk recount
·         Siswa dapat melakukan tteks monolog lisan berbentuk recount

  1. Materi Pokok
Teks monolog berbentuk recount contohnya:


An Excursion to Bogor Botanic Garden
   All right, everybody, I’ll tell you about this great place.
On Friday 16 March we went to Bogor Botanic Garden. We went there by bus and we arrived at that famous garden at 10 o’clock.
     Arriving at the garden, we were divided into two groups. Group A followed Mrs. Nina and Group B followed Mr. Ahmad. I was in group A. Well, first we went to odd tropical plants and Mrs. Nina read us some of the information. Then, we looked at all the lovely plants. After that, we went to a little spot near the Raffles cemetery and had morning tea. Next, we did some sketching and then we met group B at the information center to have our lunch.
         Soon, it was time for us to go to the orchid section while Group B did some research on flowers. Uhm…A lady led us to the orchid section. Then, she explained about many kinds of Orchids.
      Next, we had a look at the Indonesian orchid. Wow, we saw many kinds of Indonesian orchids. They were all beautiful. Later, we took a look at the American, European and Asian orchid’s section. I was interesting. Soon after we had finished our observations, we went back outside and met group B. Then, we got on the bus and returned to school. We really enjoyed the trip and to Bogor Botanic Garden.


 
 











  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan
    • Kegiatan Awal  (10’)
§ Tanya-jawab mengenai kesukaan siswa membaca komik

·         Kegiatan Inti (115’)
§  Siswa membaca comic strip yang berbentuk teks recount
§  Siswa mempraktekkan dialog yang dilakukan pada comic strip dengan pasangannya
§  Siswa membuat dialog seperti model pada comic strip
§  Siswa mendengarkan dan melafalkan kata yang tersedia di buku
§  Siswa melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
§  Siswa mendengarkan teks monolog lisan berbentuk teks recount sambil melengkapi teks tersebut.
§  Siswa merespon isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosakata.
§  Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks monolog lisan berbentuk teks recount yang didengarnya

·         Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa menyimpulkan kegiatan yang pembelajaran yang
dilakukan

  1. Sumber/Bahan/Alat
·         Buku Look Ahead 1 (hal 1-4)
·         Kaset/CD
·         Tape
·         Script dari Look Ahead 1

  1. Penilaian
·         Teknik: Performance Assessment (responding)
·         Bentuk: Pertanyaan lisan

Mengetahui                                                                          …………………,….
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran




_____________                                                                   __________________
NIP.                                                                                        NIP.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         : SMA/MA ...............
Mata Pelajaran        : B. Inggris
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 2  45 menit

Standar Kompetensi
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.    Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan mengakses ilmu pengetahuan populer

Kompetensi Dasar
1.    Merespon makna dalam percakapan transaksional  (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)resmi dan  tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima  menggunakan ragam bahasa lisan yang  melibatkan tindak tutur:mengungkapkan perasaan bahagia
2.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur:mengungkapkan perasaan bahagia

Indikator

1.    Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia
2.    Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: mengungkapkan perasaan bahagia
                                                           
  1. Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia
·         Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: mengungkapkan perasaan bahagia

  1. Materi Pokok
Percakapan/dialog dan  pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut:

Mengungkapkan perasaan bahagia

mis. Oh, I’m so happy Great!

  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal  (10’)
§  Tanya jawab dengan siswa mengenai perasaan siswa terhadap pengalaman yang dialaminya (cth. pergi darmawisata)

·         Kegiatan Inti (70’)
§  Siswa membaca penjelasan pada buku teks mengenai ungkapan untuk menyatakan perasaan bahagia dan sebaliknya
§  Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk. menyatakan perasaan bahagia dan sebaliknya melalui tape secara klasikal.
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang dialog tersebut.
§  Siswa membuat dialog singkat yang menggunakan ungkapan untuk. menyatakan perasaan bahagia berdasarkan situasi yang diberikan
§  Beberapa siswa mempraktekkan dialog tersebut di depan kelas
§  Siswa lain mendengarkan
§  Siswa merespon suatu stiuasi dengan ungkapan menyatakan perasaan bahagia dan sebaliknya.
§  Siswa membaca pengalaman seseorang dan mendiskusikan perasaan penulis tersebut.
§  Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.

·         Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk menyatakan perasaan bahagia dan sebaliknya

  1. Sumber/Bahan/Alat
·         Buku Look Ahead 1 (hal.8-10)
·         Kaset/CD
·         Script dari Look Ahead 1

  1. Penilaian
·         Teknik: Performance Assesment
·         Bentuk: Responding pada pertanyaan lisan, dialog







Mengetahui                                                                          …………………,….
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran




______________                                                                 __________________
NIP.                                                                                        NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar